Jumat, 30 November 2012

Wamendikbud: Pendidikan Pramuka akan Masuk Kurikulum

Gerakan Pramuka Indonesia
Diharapkan mulai tahun ajaran 2013, pendidikan pramuka sudah menjadi pelajaran wajib di tiap sekolah.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, mengatakan Kemdikbud mengupayakan pendidikan pramuka masuk pada kurikulum pendidikan nasional.

"Pendidikan pramuka lebih mengedepankan nilai-nilai dan karakter. Saya kira perlu kita sambut baik jika pendidikan pramuka masuk dalam kurikulum pendidikan nasional," kata Windu, usai membuka Perkemahan Pramuka Penegak dan Pendega Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) di Bumi Perkemahan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Minggu (18/11).

Diharapkan mulai tahun ajaran 2013, pendidikan pramuka sudah menjadi pelajaran wajib di tiap sekolah.

Menurut Windu, rencana pendidikan pramuka masuk pada kurikulum pendidikan nasional masih dalam tataran konsep.

"Kamis pekan lalu, sebanyak 125 orang ahli pendidikan di bawah pimpinan Wakil Presiden Boediono, melakukan pemaparan konsep kurikulum untuk menjadikan pramuka sebagai pelajaran wajib di sekolah sekolah," katanya.

Pendidikan pramuka disebutnya telah terbukti dapat dijadikan sebagai landasan pembangunan karakter sekaligus pilar penting dalam pendidikan nasional. Diharapkan, pendekatan ilmu pengetahuan dan budaya dapat berjalan secara sinergi.

"Saat ini kami juga tengah melakukan uji publik, termasuk juga dengan upaya mulai dari penyiapan buku, guru, sarana dan prasarana di sekolah," ujarnya.

Karakter bebas dan bermain serta sapaan kakak terhadap semuanya pada lingkungan pendidikan pramuka dinilai tidak akan men jadi masalah dan bisa disesuaikan dengan pendidikan di sekolah.

"Dengan pendidikan pramuka hubungan antara murid dan guru lebih bertambah akrab seperti teman, sehingga bisa menghilangkan kesan semua tindakan guru harus ditiru," kata Windu

Penyusunan Konsep Bersama
Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Azrul Azwar, mengatakan perlu adanya penyusunan konsep secara bersama.

"Jika ingin mendapat pendidikan pramuka, para murid seharusnya terlebih dahulu harus masuk menjadi gugus depan terlebih dahulu," kata Azrul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar