Kamis, 14 Februari 2013

Sejerah Lebak Harjo


 


 AMPELGADING-Desa Lebakharjo Kecamatan Ampelgading identik dengan desa Pramuka. Organisasi internasional ini memilih Lebakharjo sebagai lokasi bakti perkemahan pramuka semenjak 1970 lalu. Tercatat tiga even pramuka tingkat dunia pernah digelar di desa yang dikelilingi perbukitan dan jurang terjal. Dari even dunia itulah, Lebakharjo, dari hanya sebuah desa terpencil menjelma menjadi desa yang terkenal di dunia.

Pertama, rangkaian kegiatan Bakti Perkemahan Wirakarya (PW) kawasan Asia Pasific ke-1 (The First Asia Pasific Community Servuce Camp) pada 18 Juni hingga 19 Juli 1978.
Yang kedua, Lebakharjo dipercaya sebagai lokasi lomba Lingkungan Pemukiman olehpramuka tingkat dunia atau World Scout Competetition on Habitat. Lomba itu digelar melalui Perkemahan Wirakarya dan Perkemahan Bakti Kabupaten Malang pada 17 Juni sampai 7 Juli 1989.
Dan even internasional yang ketiga adalah perkemahan wirakarya dunia yang pertama, atau dikenal dengan The First World Community Development Camp (Comdeca) pada 26 Juli hingga 8 Agustus 1993.
“Negara-negara yang ambil bagian saat itu antara lain Canada, Kuwait, Bangladesh, Malaysia, Arab Saudi, Hong kong, Singapura, Philipina, Maldeva, Portugal, dan Afrika Selatan. Yang didalamnya ada ribuan peserta.”
Dalam kegiatan bakti pramuka tingkat dunia itu, berbagai sarana dan prasarana untuk masyarakat Lebakharjo dibangun. Pada Perkemahan Wirakarya Aspac I 1978, dilakukan pembangunan jalan tembus Lebakharjo menuju pantai Licin. Lalu pembangunan jembatan, tempat ibadah, pasar desa, balai pengobatan, dan terminal desa.
Selain fisik, kegiatan non fisik yang dilakukan para anggota pramuka bersama masyarakat adalah pemberantasan buta aksara, pembinaan kesejahteraan keluarga, dan penerapan teknologi tepat guna.
Pada lomba lingkungan pemukiman sedunia, dilakukan pembangunan 69rumah sehat, pembangunan sumur dan MCK (mandi cuci kakus) lingkungan. Termasuk menumbuhkan lingkungan usaha guna menunjang pendapatan keluarga. Baru pada even Comdeca, dilakukan pengerasan jalan Lebakharjo-Licin, renovasi tempat ibadah dan pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Licin. Kegiatan itu juga mengampanyekan penghijauan dan penbuatan jalan tembus Supit – Purwoharjo.
Menjadi Desa Pramuka membawa dampak positif yang sangat bagus bagi Lebakharjo. Dengan berbagai even internasional yang digelar kal itu, pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, listrik dikedepankan oleh Pemerintah Kabupaten Malang. Selain itu, warga mendapatkan hasil nyata pembangunan para personel pramuka yang turut dalam wirakarya.
Dampak itu itu jelas nyata dan dirasakan warga karena kala itu, desa-desa lain harus berusaha keras mewujudkan infrastruktur.
Namun warga Lebakharjo telah menikmati jalan beraspal hotmix dan listrik sejak 1978.
“Persaudaraan, kekeluargaan, kerukunan, dan kegotongroyongan yang merupakan yang merupakan pokok pendidikan kepramukaan, akhirnya mengilhami kehidupan masyarakat Lebakharjo sehari-hari”
Sejarah panjang Lebakharjo membuat Gubernur Jawa Timur Soekarwo pada 2010 lalu memperkenalakan Desa Lebakharjo sebagai Desa Pramuka. Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengapresiasi positif dan berncana membuat Lebakharjo lebih spektakuler dengan berbagai kegiatan_kegiatan dan pembangunan monumen Asean Scouts Center. Monumen itu terdiri dari museum, diorama, perpustakaan dan gedung serbaguna. Lebih dari itu, rencananya pada 2013 nanti kembali digelar even pramuka se-Asean dengan tajuk Asean Rovermoot 2013.

cc : Kwarran Ngantang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar